MANUSIA PEMBELAJAR AKAN MENGAJAR DENGAN HATI

MANUSIA PEMBELAJAR AKAN MENGAJAR DENGAN HATI

Rabu, 14 Agustus 2013

LISTRIK STATIS


LISTRIK   STATIS
Pengertian
Listrik Statis adalah sebuah muatan listrik yang tidak mengalir atau listrik dimana muatan - muatannya dalam keadaan diam. Listrik statis adalah bentuk listrik yang dihasilkan jika beberapa benda saling bergesekan satu sama lain.

SIFAT MUATAN LISTRIK
Ditinjau dari Teori Atom
Semua materi di alam semesta ini terbuat dari atom yang sangat kecil. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi dengan reaksi kimia biasa.



Kebanyakan sebuah benda memiliki atom-atom dalam keadaan yang netral. Atom yang netral artinya jumlah muatan positif (proton) sama dengan jumlah muatan negatif (elektron). Sebuah benda dapat bermuatan listrik apabila benda tersebut kelebihan atau kekurangan elektron. Hal tersebut terjadi karena massa elektron yang sangat ringan membuat elektron mudah untuk melepaskan diri atau masuk kedalam komposisi atom lain.


Sebuah benda dikatakan bermuatan listrik ?
Suatu benda akan bermuatan positif apabila elektron dalam atom melepaskan diri dari komposisinya atau atom kehilangan elektron. Sedangkan sebuah benda akan bermuatan negatif apabila atom pada sebuah benda menerima tambahan elektron dari atom benda lain.


Ditinjau dari Perjanjian Muatan
Seorang saintis amerika yang bernama Benjamin Franklin (1706-1790) sebagai  melakukan sebuah percobaan sederhana menggunakan batang plastik dan batang kaca. Berikut adalah ilustrasi percobaan tersebut:


Materi Selengkapnya bisa Download di sini


DAFTAR PUSTAKA

TIM ABDI GURU. 2012. IPA TERPADU untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta:Erlangga.

Sumardiyanto, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX. Bogor : ARYA DUTA.

Ron Kurtus. 2009. Detection of Static Electricity.

Jatmiko, Budi. 2004. LISTRIK STATIS. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Departemen pendidikan nasional.



0 komentar:

Posting Komentar